Home / Berita Daerah / RAPAT ADVOKASI HUKUM DAN PENYELESAIAN SENGKETA HUKUM PILKADA TAHUN 2017

RAPAT ADVOKASI HUKUM DAN PENYELESAIAN SENGKETA HUKUM PILKADA TAHUN 2017

Rapat advokasi tgl 28 Jan 17            Palu,kpu-sultengprov.go.id, Rapat persiapan advokasi hukum dan penyelesaian sengketa hukum Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2017 dan persiapan Pemilukada Tahun 2018. Rapat tersebut merupakan bagian dari kegiatan bimbingan teknis divisi hukum KPU Provinsi Sulawesi Tengah untuk menghasilkan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang berintegritas dan berkapasitas hukum.

Peserta rapat adalah 2 (dua) Kabupaten yang sementara melaksanakan Pemilukada yakni, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Buol serta 3 (tiga) Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada Tahun 2018 yaitu Kabupaten Donggala, Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Morowali yang hadir. Masing – masing Kabupaten sebanyak 3 (tiga) orang terdiri dari Ketua dan Anggota KPU Divisi Hukum serta Kasubag Hukum Sekretariat KPU Kabupaten. Kegiatan advokasi tersebut dilaksanakan hari Sabtu tanggal 28 Januari 2017 pukul 09.00 wita sampai selesai di ruang rapat KPU Provinsi Sulawesi Tengah, Jl. S. Parman No. 58 Palu dan dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam sambutannya Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa ada beberapa TPS di yang akan melaksanakan Pilkada (Kabupaten Bangkep dan Kabupaten Buol) yang rawan seperti ketersediaan logistik, money politik, tidak profesionalnya petugas – petugas yang ada di tingkat KPPS maupun TPS. Oleh sebab itu, walaupun sumber temuan dari Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah, namun perlu disikapi dan ditindaklanjuti dalam rangka meminimalisir kecurangan – kecurangan yang terjadi di berbagai tingkat sampai ke TPS.

Kesimpulan kegiatan rapat persiapan advokasi hukum dan penyelesaian sengketa hukum Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2017 menitikberatkan pada potensi sengketa dana kampanye dan LPPDK, inventarisasi potensi sengketa tungsura dan hasil Pilkada di 2 (dua) Kabupaten. Sementara untuk 3 (tiga) Kabupaten yang pada Tahun 2018 melaksanakan Pilkada menyampaikan sejauh mana kesiapan yang telah dilaksanakan menyongsong Pilkada Tahun 2018 di masing – masing Kabupaten.

About yuko

Check Also

KPU Morowali berkoordinasi dgn KPU Provinsi

KPU MOROWALI UTARA BERKOORDINASI DENGAN KPU PROV. SULTENG

       Palu,kpu-sultengprov.go.id, KPU Kabupaten Morowali Utara hari ini (Selasa 25 April 2017) bertempat di kantor ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>